Mohammed Rashid, Pemain Persib Bandung Asal Palestina

Mohammed Rashid, Pemain Persib Bandung Asal Palestina

Mohammed Rashid pemain anyar Persib Bandung asal Negri Palestina yang berkiprah di BRI Liga 1 Indonesia. Dalam debut perdananya, ia berhasil membobol gawang Persita Tangerang dengan Skor Akhir 1-2. Rashid berhasil mencetak 2 Gol kemenangan untuk Persib Bandung pada hari Sabtu 11/9/21

Mohammed Rashid Pemain Asal Palestina

Mohammed Rashid Pemain Persib Bandung
Mohammed Rashid melewati pemain lawan

Sosok dengan nama lengkap Mohammed Bassim Ahmad Rashid ini lahir di Ramallah, Palestina, pada 31 Juli 1995. Ia didatangkan Persib dengan status bebas transfer dari klub divisi kedua Arab Saudi, Al-Jeel.

Di Al-Jeel, kontrak Mohammed Rasyid habis pada 6 Juni 2021. Tak banyak catatan yang menjelaskan latar belakang klub masa kecil Mohammed Rasyid, namun dia sempat begitu lekat dengan klub Al-Quds Hilal.

Mohamed Rashid kemudian pindah ke klub asal Palestina liannya, Al-Biresh, pada 10 Juli 2018. Namun, satu tahun berselang, Mohammed Rasyid kembali pindah ke Al-Quds terhitung pada 1 Desember 2019.

Tonton Gol nya Disini : Gol Mohamed Rashid

Bersama Al-Quds, Mohammed Rasyid sempat bermain di AFC Cup 2019. Namun, perjalanan mereka langsung terhenti di babak penyisihan grup. Setelah itu, Mohamed Rashid berpetualang ke luar Palestina dengan bergabung bersama Al-Jeel.

Di level tim nasional, pemain yang biasa beroperasi sebagai gelandang bertahan dan gelandang tengah ini mencatatkan 18 penampilan bersama Timnas Palestina. Terakhir kali ia membela Palestina adalah saat melawan Yaman di Kualifikasi Piala Dunia pada 15 Juni 2021.

Dari Sumber FB : Abdillah Onim

Mohammed Rashid
Sumber dari www.npc.or.id

Saat ini Mohammed Bassim Ahmad Rashid menjadi Idola baru Bobotoh Persib Bandung dalam laga BRI Liga 1 yang baru 2 kali melakukan pertandingan.

#Palestina
#BRILiga1
#Persib
#Bandung

Gol Kedua : Persita VS Persib

Cara Sederhana Perawatan Pohon Kurma Untuk Pemula Agar Subur

Cara Sederhana Perawatan Pohon Kurma Untuk Pemula Agar Subur

Cara mudah perawatan pohon kurma untuk pemula agar pohon kurma tumbuh subur dengan penyiraman, pemupukan. Menanam Kurma saat ini banyak diminati oleh banyak orang di berbagai daerah di Indonesia.

Banyak pohon kurma yang sudah terbukti berbuah lebat, manis, besar di banyak wilayah di Indonesia, seperti NTB ada Kurma Ukhuwah Datu Date Palm, Kebun Kurma Pandeglang dll

Perawatan Sederhana Pohon Kurma

Cara Perawatan Kurma

Banyak pekebun pemula atau  awal yg masih bingung dengan SOP perawatan sederhana pohon kurma di lapangan, baik pemupukan dan pengairan.

PENGAIRAN
Selama 1 bulan pertama tanam dilahan, sirami 3 hari sekali dengan debit 5-20 liter/pohon. Alangkah baiknya campur dengan B-1 sebagai anti stress dan ZPT penumbuh akar. Biasanya ketika saat dipindahkan, ada akar kurma yang terpotong atau tanaman stres jadinya.

Ketika pohon mulai nyaman tumbuh setelah 40 hari, sirami 7-10 hari sekali dengan debit 20-50 liter/pohon, sampai tergenang.

Jika saat musim hujan, hentikan penyiraman air atau gunakan metode menggali pada sekitar pohon diameter selebar kanopi pelepah, hal ini berguna untuk menampung air hujan menjaga kelembaban tanah, gali dengan kedalaman sekitar 15-30 cm.

Tapi ingat air hujan tidak boleh menggenang terlalu lama lebih dari 2-3 hari karena ini akan menjadi sumber penyakit, iklim Indonesia yang tropis menjadikan kelembaban tanah menjadi tinggi, hingga jamur dan virus mudah sekali berkembang.

Nah, untuk mengecek kelembaban tanah, anda bisa gunakan teknik sederhana, yaitu tanah bekas galian bisa anda cek dengan tangan Anda.

Jika tanah masih menggumpal, maka kelembapan masih terjaga. Tetapi jika tanah tidak menggumpal menunjukkan bahwa kelembaban tanah kurang.

PENGENDALIAN HAMA dan OPT

Tanaman kurma di iklim tropis dengan kelembaban tinggi rentan terkena jamur dan virus yg menyerang daun seperti Graphiola/jamur daun, Karat Daun/antranoksa dan cekospora serta serangan hama seperti kumbang janur, kumbang badak dan  kumbang sagu/RedWevil.

Untuk Jamur dan Virus lakukan pencegahan dengan penyemprotan fungisida, baik organik maupun non organik sebulan sekali untuk pencegahan. Untuk serangan hama juga bisa melakukan penyemprotan  insektisida sebulan sekali untuk pencegahan. Kenali dan pelajari potensi hama di lingkungan setempat anda berkebun.

Pemupukan Pohon Kurma

Selama 2-3 tahun pertama, Fase Vegetatif lakukan pemupukan berupa kompos dan pupuk kandang yang terfermentasi dalam 3 bulan sekali. Untuk mempercepat proses pengomposan media lakukan fermentasi dan gunakan pupuk kotoran ayam dalam waktu 3-4 bulan sekali, dosis 5-10 kg/tanaman usia dibawah 2 tahun, diatas 2 tahun 20-30 kg/tanaman.

Bisa juga kocor dengan  POC utk menambah Mikroba baik dalam tanah dan meningkatkan nilai KTK tanah.

Pupuk kimia  fase vegetatif digunakan hanya 3-10 persennya saja, kadang unsur-unsur mikro susah kita dapatkan dari pupuk organik. 90 persennya/sebagian besar sebaiknya gunakan pupuk kandang ayam atau pupuk kandang kambing yang sudah fermentasi/matang.

Adapun penggunaan pupuk kimia sesuaikan umur dan fase vegetatif tanaman usia 0-36 bulan adalah fase vegetatif, gunakan pupuk dengan kadar N tinggi , dosisnya 250-500 gram/tanaman usia dibawah 3 tahun, jika direntang usia tersebut keluar bunga itu adalah bunga Pasir atau PHP (pemberi harapan petani) sebaiknya dikastrasi atau dipotong bunga pertama.

Untuk tuntaskan vegetatif besarkan batang minimal diamater 50 cm (usia 36-40 bulan). Jika tidak dilakukan karena eouforia dibuahkan, maka tahun depan biasanya pohon ngambek berbunga

Buah Kurma

Usia 40 bulan dilahan sudah mulai masuk fase Generatip, lakukan pemupukan dengan kompos kandungan P dan K tinggi tiga bulan sekali dan pupuk kimia dengan andungan P dan K tinggi sebulan sekali dan lakukan stressing air 2 minggu sekali.

Anda bisa menambahkan POC  baik disemprot atau dikocor untuk pembungaan dan pembuahan, untuk penyiraman dua minggu sekali dengan cara genang dipiringan tajuk daun dengan debit 100-200 liter/pohon

Mari bertani dan berkebun dengan Hati, Jangan berlebihan menggunakan pupuk kimia…..pupuk kimia tetap dibutuhkan namun sesuaikan dosis dan tepat pengapliaksinya. 5-10% dari berat tanaman. Jaga dan lestarikan bumi….untuk pertanian yang berkelanjutan dan menjaga warisan untuk anak cucu kita.

Sumber dari group Fb : KURMA APKI ( Asosiasi Petani Kurma Indonesia)

Penulis : Bibit Kurma Kultur Jaringan

Obat Alami Meredakan Biduran Gatal Gatal Seperti Alergi Pada Tubuh Kita

Obat Alami Meredakan Biduran Gatal Gatal Seperti Alergi Pada Tubuh Kita

Obat Alami Meredakan Biduran gatal gatal atau bisa juga Alergi dibadan yang kadang terjadi bilamana cuaca dingin, setelah makan ikan laut, atau lainya.

Yuk simak cara berikut ini cara mudah untuk mengobatinya dengan cara alami dengan bahan yang banyak mudah terdapat sekitar kita.

Obat Alami Meredakan Gatal Biduran

Obat Alami Biduran
Biduran atau gatal pada tangan

1. Buah Asam serta Temulawak

Siapkan buah asam, 15 gr temulawak, serta gula aren. Rebus semuanya bahan tersebut kedalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Biarlah dingin, lalu saring. Minum ramuan ini untuk menyembuhkan biduran anda. Anda bisa menambahkan madu untuk menambah rasa lezat.

2. Bawang Merah serta Daun Kelor

Sediakan bahan berupa 3 lembar daun kelor, sebutir bawang merah, serta 2 gr pulosari. Rebus bahan-bahan tersebut kedalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Sesudah disaring, minum ramuan ini 2 kali dalam sehari.

3. Kunyit serta Sambiloto

Sediakan bahan-bahan berupa 10 gr sambiloto, 20 gr kunyit, 30 gr daun kelor, 1 sdm adas, 3 butir bawang merah. Tumbuk sampai halus semua bahan tadi sesudah anda mencucinya. Rebus kedalam 600 cc air hingga tersisa sepertiga bagian. Sesudah disaring serta dingin, anda dapat minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

4. Obat alami mengobati biduran menggunakan Daun Jombang

Rebus 30 gr daun Jombang kedalam 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Minum ramuan ini selagi hangat.

5. Akar Rosa Multifona Thumb

Rebus akar tumbuhan tersebut kedalam 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Sesudah disaring, minum ramuan alami ini setiap pagi serta sore hari.

6. Minyak Kayu Putih serta Zaitun

Siapkan minyak kayu putih, minyak zaitun, serta menthol Kristal masing-masing sejumlah 1 sdm. Aduk semua bahan hingga rata. Gosokkan pada kulit anda untuk menyembuhkan biduran.

7. Jahe serta Cuka Beras Hitam

Sediakan bahan berupa 100 cc Cuka Beras hitam, 30 gr jahe, serta gula merah. Tumbuk dahulu jahe sampai halus, lalu rebus bersama yang lain ke dalam air. Setelah dingin, minum ramuan tradisional ini sejumlah 2 kali dalam satu hari.

8. Menyembuhkan biduran menggunakan Leunca

Cuci tanaman leunca yang sudah dibuang akarnya, lalu tumbuk. Oleskan pada kulit sampai warna leunca jadi hijau. Lakukan sejumlah 3 kali dalam sehari untuk mengobati biduran anda.

9. Mengobati biduran dengan Daun Sirih

Sediakan daun sirih serta ketepeng, masing-masing sejumlah 20 lembar. Rebus lalu saring. Minum untuk mengobati biduran secara alami. Selain menyembuhkan biduran, daun sirih dapat juga bermanfaat untuk menyingkirkan bau badan secara alami.

Demikian cara menyembuhkan Biduran menggunakan bahan alami. Pilih salah satu cara termudah yang bisa anda lakukan. Simak selalu artikel kesehatan serta tips penting yang lain.

Sumber FB : Doketer Sehat Keluarga

Bentol Biduran
Bentol Biduran
Manfaat Minum Air Hangat Setiap Pagi Untuk Terapi Pengobatan

Manfaat Minum Air Hangat Setiap Pagi Untuk Terapi Pengobatan

Manfaat minum air hangat setiap pagi hari untuk terapi pengobatan diabetes, kolesterol, asma, migren, sinusitis, tekanan darah tinggi, darah rendah, kanker, batuk dll. Terapi minum Air hangat mulai 10 hari hingga 9 bulan terapi untuk jenis kanker

Manfaat Minum Air Hangat Bisa Selamatkan Nyawa

Manfaat Minum Air Hangat
Terapi Minum Air Hangat

Sekelompok Dokter Jepang menegaskan bahwa air hangat adalah 100% efektif dalam menyelesaikan beberapa masalah kesehatan seperti :

1. Migrain
2. Tekanan darah tinggi
3. Tekanan darah rendah
4. Nyeri sendi
5. Peningkatan dan penurunan detak jantung secara tiba-tiba
6. Epilepsi
7. Menghilangkan kadar kolesterol
8. Batuk
9. Ketidak nyamanan tubuh
10. Nyeri gout
11. Asma
12. Batuk terus menerus
13. Penyumbatan pembuluh darah
14. Penyakit yang terkait dengan Uterus & Urine
15. Masalah perut
16. Nafsu makan yang buruk
17. Juga semua penyakit yang berkaitan dengan mata, telinga & tenggorokan.
18. Sakit kepala

Bagaana Cara Meminum Air Hangat?

Bangun pagi-pagi dan minum sekitar 2 gelas air hangat ketika perut kosong . Anda mungkin tidak dapat membuat 2 gelas di awal tetapi perlahan-lahan.

CATATAN :

JANGAN makan apa pun 45 menit setelah mengambil air.

Terapi air hangat akan menyelesaikan masalah kesehatan dalam jangka waktu yang wajar seperti :

  • Diabetes dalam 30 hari
  • Tekanan darah dalam 30 hari
  • Masalah perut dalam 10 hari
  • Semua jenis Kanker dalam 9 bulan
  • Penyumbatan pembuluh darah dalam 6 bulan
  • Nafsu makan yang buruk dalam 10 hari
  • Uterus dan penyakit terkait dalam 10 hari
  • Masalah Hidung, Telinga, dan Tenggorokan dalam 10 hari
  • Masalah wanita dalam 15 hari
  • Penyakit jantung dalam 30 hari
  • Sakit kepala / migrain dalam 3 hari
  • Kolesterol dalam 4 bulan
  • Epilepsi dan kelumpuhan terus menerus dalam 9 bulan
  • Asma dalam 4 bulan

Air Dingin itu Tidak Baik Untuk Anda

Jika air dingin tidak mempengaruhi Anda pada usia muda, akan membahayakan Anda di usia tua.

Air dingin menutup 4 urat-urat jantung dan menyebabkan serangan jantung*. Minuman dingin adalah alasan utama untuk serangan jantung.

Ini juga menciptakan masalah di hati karena membuat lemak terjebak di hati. Kebanyakan orang yang menunggu transplantasi hati adalah korban minum air dingin.

Air dingin mempengaruhi dinding internal lambung,Ini mempengaruhi usus besar dan menghasilkan Kanker

JANGAN TAHAN INFORMASI INI UNTUK DIRI SENDIRI, Silahkan bagikan kepada teman, saudara ataupun lainya

Diambil dari berbagai sumber

Sumber Fb : Kartika Kusuma

Anies Panen Raya di Sumedang Untuk Kebutuhan Pangan Jakarta

Anies Panen Raya di Sumedang Untuk Kebutuhan Pangan Jakarta

Anies Panen Raya di Sumedang bersama Bupati Sumedang Bapak Dony Ahmad Munir pada hari Jum’at 11 Juni 2021 di area Persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kerjasama ini dilakukan dalam mencukupi pasokan pangan di pasar DKI Jakarta

Anies Baswedan Panen Raya Bersama Bupati Sumedang

Gubernur Anies Baswedan Panen Raya di Sumedang
Gubernur Anies Baswedan Panen padi di Sumedang

Alhamdulillah, pagi tadi melakukan panen raya bersama Bupati Sumedang, Pak Dony Ahmad Munir di area persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Sumedang merupakan salah satu lumbung penghasil beras, yang memasok kebutuhan pangan warga Jakarta, melalui PT. Tjipinang Food Station sebagai penyuplai dan PD. Pasar Jaya sebagai pihak yang memasarkan kebutuhan pangan tersebut.

Kegiatan panen ini adalah bentuk keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan kerjasama daerah terutama di sektor pangan. Ini ikhtiar kita bersama semata-mata, agar disatu sisi, para petani disini mendapakan harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau. Maka, setiap keluarga atau rumah tangga di Jakarta bisa tenang jika harga pangan stabil karena jumlah pasokan aman.

Ini adalah cara kami masyarakat perkotaan untuk membalas budi kepada para petani. Karena merekalah yang selama ini bekerja senyap dan tak terlihat, namun manfaatnya kita rasakan. Semoga dengan kerja sama saat ini para petani menjadi sejahtera dan kita yang di Ibu Kota bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan stabil, terima kasih pak Bupati dan para petani Sumedang.

Anies dan Bupati Sumedang
Gubernur Anies dan Bupati Dony Ahmad Munir

Sumber Copas dari Facebook : Anies Baswedan

Sumedang terkenal dengan salah satu Tahu Sumedang nya dan kini panen raya untuk stock warga DKI Jakarta

Keuntungan Investasi Tanah Kavling Yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan Investasi Tanah Kavling Yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan Investasi Tanah Kavling yang perlu diketahui sebelum anda memilih investasi emas logam mulia atau membeli Properti berupa tanah ataupun rumah. Tanah kavling siap bangun atau rumah atau emas? yuk kita bahas 5 keuntunganya membeli tanah kavling.

5 Keuntungan Investasi Tanah Kavling Siap Bangun

Keuntungan Investasi Properti

1. Investasi Yang Menguntungkan

Investasi Properti memang memiliki keuntungan yang berlipat ganda, meskipun membutuhkan modal yang relatif besar. Namun tentu dengan berinvestasi tanah akan lebih murah jka dibandingkan dengan investasi rumah. Selain itu, biasanya para pengembang akan membuat cluster cluster yang bisa meningkatkan harga jual dari tanah tersebut.

2. Tanah Membutuhkan Lebih Sedikit Biaya Perawatan

Saat anda membeli rumah jadi, maka anda akan membutuhkan biaya untuk perawatan rutinya, meskipun anda tidak menghuni rumah tersebut, tetap akan ada biaya yang harus anada keluarkan. Contoh biaya kebersihan, keamanan lingkungan, hingga listrik harus tetap anda bayarkan setiap bulanya. Sedangkan tanah kosong hanya perlu sesekali datang kelokasi hingga tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar.

3. Tanah Dapat Dikembangkan Menjadi  Bisnis Lain

Jika anada berencana ingin membangun bisnis, maka tanah tersebut bisa anda manfaatkan. Anda bisa memulai dengan membuat kebun sayur sendiri atau menyewakanya menjadi tempat usaha kepada orang lain. Jangan  iarkan tanah tersebut menjadi lahan yang tidak berkembang an tidak bermanfaat bagi anda ataupun orang lain. Cobalah menggali kesempatan itu untuk menambah penghasilan anda dan keluarga.

4. Tanah Kavling Nilainya Akan Terus Meningkat Naik

Tanah merupakan properti yang memiliki return dan Capital Gain (BEP) yang tinggi, sehingga lebih baik anda tidak menjualnya dalam waktu yang dekat. Sebaiknya tunggu hingga harga naik secara signifikan yang biasanya terjadi setelah lima tahun mendatang. Anda bisa memanfaatkanya selama waktu itu dengan menyewakanya kepada orang lain untuk bisa mendapatrkan keuntungan yang berlipat ganda.

5. Bisa Bangun Rumah Sesuai Keinginan Kita

Tanah kavling siap bangun dapat kita bangunan sesuai keinginan kita, baik design rumah, luas bangunan dll. Bila ada project developer yang baru buka, segera lakukan membeli tanah kavling itu awal project, tentunya setelah pastikan keabsahan akan legalitas perizinan surat surat tanah tersebut. beli awal project akan lebih untung karna biasanya akan lebih murah setelah ada progres lapangan.

Demikian penjelasan singkat mengenai keuntungan investasi membeli Tanah Kavling Siap Bangun, Semoga bermanfaat. Silahkan bagikan kepada saudara atau teman anda.

Masjid Jogokariyan Galang Dana Beli Kapal Selam Pengganti Nanggala

Masjid Jogokariyan Galang Dana Beli Kapal Selam Pengganti Nanggala

Masjid Jogokariyan Yogyakarta berinisiatif melakukan penggalangan dana untuk membeli Kapal Selam untuk pertahanan Negara Indonesia. Takmir Masjid Togokariyan merasa prihatin atas tragedi tenggelamnya satu kapal selam Nanggala 402 milik Angkatan Laut yang membawa 53 orang kru untuk misi patroli

Tragedi Nanggala 402 : Takmir Masjid Lebih Visioner Soal Pertahanan Negara

 

Patungan Beli Kapal Selam
Rekening Patungan Beli Kapal Selam

By Asyari Usman

Bukan bercanda dan bukan pula setengah hati. Pasti! Sebab, komunitas Masjid Jogokariyan (MJ), Yogyakarta, selalu serius ketika melakukan penggalangan dana yang selama ini hanya untuk tujuan kemanusiaan.

Kemarin, badan kenaziran (takmir) masjid kembali memprakarsai pengumpulan dana. Tapi kali ini lain dari biasa. Bukan untuk kemanusiaan. Melainkan untuk membeli kapal selam (kasel) pengganti Nanggala 402 yang tenggelam di perairan selatan Bali.

Membeli kapal selam? Apa iya bisa terkumpul dananya oleh MJ? Memangnya berapa harga kapal selam? Tidak terlalu besar. Untuk klas yang tenggelam itu hanya US$330 juta. Atau sekitar Rp4.7 triliun. Tak sampai 5 triliun.

Mungkinkan jumlah ini terkumpul di Jogokariyan? Sangat mungkin jika kita simak pengalaman komunitas Jogokariyan selama ini. Modal utama mereka adalah sifat yang amanah dan transparan. Semua jemaah percaya mereka, begitu juga masyarakat umum.

Aksi Galang Dana Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan Yogyakarta

Penggalangan dana yang bakal menjadi peristiwa historis ini mereka mulai kemarin, Ahad (25 April 2021), 13 Ramadan 1442.

Inisiatif MJ ini sangat sejalan dengan suasana emosional akar rumput. Rakyat, utamanya umat Islam, sangat prihatin dengan tragedi Nanggala. Kehilangan kasel ini berarti memperlemah pertahanan NKRI.

“Indonesia adalah negara kelautan sehingga sudah semestinya armada laut harus dikuatkan,” kata Ustad Muhammad Jazir, ketua takmir MJ. Ia mengajak seluruh rakyat ikut membantu Angkatan Laut agar mampu menjaga kekayaan negara dan keutuhan wilayah Indonesia.

Komunitas MJ tampaknya sangat serius ingin membantu pembelian kasel baru. Dan ini bisa bergulir menjadi gerakan nasional. Tapi, kalau ada yang memaknai penggalanan dana ini sebagai sindiran terhadap pemerintah, bisa juga. Semacam kritiklah, lebih-kurang.

Konkretnya, rakyat melihat pemerintah mengabaikan aspek pertahanan negara. Alat-alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI jauh tertinggal dibandingkan para tetangga sesama ASEAN. Sudah banyak yang karatan. Dan tak cocok lagi dengan tantangan dan ancaman yang selalu naik level.

Peremajaan memang mahal. Tetapi, kalau pemerintah sadar bahwa sistem persenjataan akan selalu dikaitkan dengan wibawa negara, maka pastilah para pemimpin yang punya harga diri akan mengutamakan alat-alat pertahanan.

Duit 4.7 T untuk membeli satu kapal selam, masih terbilang tak seberapa dibandingkan jumlah korupsi para pejabat dan perampokan yang dilakukan oleh para taipan hitam. Ini semua hanya soal kecerdasan dan kevisioneran pemimpin.

Ketua takmir Masjid Jogokariyan saja mampu berteori tentang pertahanan negara. Takmir yang visioner. Dan malah langsung berbuat lewat penggalangan dana Nanggala 402.

Kita tunggu apa yang akan dilakukan Menhan Prabowo Subianto.

Senin 26 April 2021
(Penulis wartawan senior)

By Asyari Usman

Masjid Jogokariyan Donasi Kapal Selam

Aksi Galang Dana Masjid Jogokariyan

Anies Penuhi Kebutuhan Beras Jakarta Kerjasama Pemkab Ngawi

Anies Penuhi Kebutuhan Beras Jakarta Kerjasama Pemkab Ngawi

Anies Penuhi Kebutuhan Beras untuk warga DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Food Station Tjipinang Jaya dengan melakukan kontrak kerjasama antara Pemkab Ngawi, Jawa Timur dengan dihadiri langsung oleh Bupati Ngawi Bpk Ony Anwar dan Gubernur Jawa Timur ibu Khofifah Indar Parawansa

Anies Penuhi Kebutuhan Beras Jakarta Kerjasama Pemkab Ngawi Jawa Timur

Gubernur Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Food Station Tjipinang Jaya menggandeng Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Daya Tani Sembada dan Kelompok Tani Sido Rukun Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi guna memperluas cakupan serapan gabah untuk pasokan beras di Jakarta.

Hari ini Ahad 25 April 2021 kami menandatangani perjanjian kerja sama Resi Gudang (Warehouse Receipt System) antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkab Ngawi yang diwakili Bupati Ngawi Ony Anwar dan disaksikan langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta jajaran Food Station, Daya Tani Sembada dan Kelompok Tani Sido Rukun di Balai Desa Geneng, Dusun Alas Pecah, Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Pada umumnya saat panen raya gabah kering panen dihargai sangat rendah. Dengan kerjasama sistem resi gudang, Food Station sebagai pengelola akan membantu menjadi stand by buyer dengan harga yang baik sehingga para petani tidak perlu susah-susah mencari pembeli. Dan petani tak perlu buru-buru menjual harga gabah mereka dengan harga rendah, melainkan dapat menyimpannya terlebih dahulu meningkatkan kualitas sehingga harganya juga akan stabil.

Pasokan Beras Untuk Jakarta

Gudang Beras di Ngawi
Gudang Beras di Ngawi Jawa Timur

Selain itu dengan menyimpannya di resi gudang petani juga bisa memanfaatkan sebagai jaminan untuk mengambil pinjaman dari lembaga keuangan untuk pembiayaan musim tanam berikutnya.Dengan sistem resi gudang kita bisa menyimpan rata- rata 600 ton, target tahun 2021 sebanyak 1.000 ton.

Atas nama warga Jakarta kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerjasama yang baik ini. Tujuan dari kerjasama ini adalah pertama, kebutuhan pangan di Jakarta terpenuhi dengan baik

Kedua, para petani memiliki sistem kerja yang memungkinkan mereka meningkatkan kesejahteraannya, sehingga petani kita tidak terus menjadi yang paling akhir menikmati nilai tambah dari kegiatan produksi beras.

Jakarta memiliki ketergantungan yang amat tinggi kepada produk pertanian dari luar Jakarta dan kami tidak ingin hanya menerima berasnya saja tetapi tak memikirkan kesejahteraan petaninya.

Kerjasama antar daerah ini merupakan bagian dari amanat konstitusi untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jakarta sebagai kota penyumbang perekonomian terbesar memberikan manfaat bagi daerah lain khususnya peningkatan kesejahteraan petani.

Dengan sistem kerjasama yang dijalankan Foodstation seperti contract farming dan resi gudang kita memastikan bahwa petani bisa mendapatkan manfaat yang makin baik dan besar sehingga lebih sejahtera. Ini bentuk ucapan terima kasih kami, balas budi kepada para petani yang sudah menyiapkan pangan bagi kami yang tinggal di perkotaan.

Beras Produksi Kelompok Tani Sido Rukun Ngawi
Beras Produksi Kelompok Tani Sido Rukun Ngawi
Pelepasan Logistik Beras
Pelepasan Logistik Beras
Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jatim
Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jatim
Gubernur Anies Baswedan
Gubernur Anies Baswedan

Sumber FB Anies Baswedan

Pengertian Zakat Infaq Shodaqoh Dalam Pandangan Hukum Islam

Pengertian Zakat Infaq Shodaqoh Dalam Pandangan Hukum Islam

Pengertian Zakat Infaq Shodaqoh memiliki pengertian yang berbeda secara bahasa dan istilah. Zakat memiliki arti bersih, pensucian. zakat adalah hak yang telah ditentukan besarnya yang wajib dikeluarkan pada harta-harta tertentu. Infaq memiliki arti mengeluarkan harta dengan suka rela yang dilakukan seseorang. Shadaqah adalah sesuatu yang ma’ruf, benar dalam pandangan syara’

Pengertian Zakat Infaq Shodaqoh Dalam Pandangan Hukum Islam

Pengertian Zakat, Infaq, Sedekah

DEFINISI ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH

Oleh : KH. M. Shiddiq Al Jawi

Pengertian Zakat

Zakat menurut bahasa artinya adalah “berkembang” (an namaa`) atau “pensucian” (at tath-hiir).

Adapun menurut syara’, zakat adalah hak yang telah ditentukan besarnya yang wajib dikeluarkan pada harta-harta tertentu (haqqun muqaddarun yajibu fi amwalin mu’ayyanah) (Zallum, 1983 : 147).

Dengan perkataan “hak yang telah ditentukan besarnya” (haqqun muqaddarun), berarti zakat tidak mencakup hak-hak –berupa pemberian harta– yang besarnya tidak ditentukan, misalnya hibah, hadiah, wasiat, dan wakaf. Dengan perkataan “yang wajib (dikeluarkan)” (yajibu), berarti zakat tidak mencakup hak yang sifatnya sunnah atau tathawwu’, seperti shadaqah tathawwu’ (sedekah sunnah).

Sedangkan ungkapan “pada harta-harta tertentu” (fi amwaalin mu’ayyanah) berarti zakat tidak mencakup segala macam harta secara umum, melainkan hanya harta-harta tertentu yang telah ditetapkan berdasarkan nash-nash syara’ yang khusus, seperti emas, perak, onta, domba, dan sebagainya.

Pengertian Infaq

Bagaimana kaitan atau perbedaan definisi zakat ini dengan pengertian infaq dan shadaqah?

Al Jurjani dalam kitabnya At Ta’rifaat menjelaskan bahwa infaq adalah penggunaan harta untuk memenuhi kebutuhan (sharful maal ilal haajah) (Al Jurjani, tt : 39).

Dengan demikian, infaq mempunyai cakupan yang lebih luas dibanding zakat.

Dalam kategorisasinya, infak dapat diumpamakan dengan “alat transportasi” –yang mencakup kereta api, mobil, bus, kapal, dan lain-lain– sedang zakat dapat diumpamakan dengan “mobil”, sebagai salah satu alat transportasi.

Maka hibah, hadiah, wasiat, wakaf, nazar (untuk membelanjakan harta), nafkah kepada keluarga, kaffarah (berupa harta) –karena melanggar sumpah, melakukan zhihar, membunuh dengan sengaja, dan jima’ di siang hari bulan Ramadhan–, adalah termasuk infaq.

Bahkan zakat itu sendiri juga termasuk salah satu kegiatan infak. Sebab semua itu merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan, baik kebutuhan pihak pemberi maupun pihak penerima.

Dengan kata lain, infaq merupakan kegiatan penggunaan harta secara konsumtif –yakni pembelanjaan atau pengeluaran harta untuk memenuhi kebutuhan– bukan secara produktif, yaitu penggunaan harta untuk dikembangkan dan diputar lebih lanjut secara ekonomis (tanmiyatul maal).

Pengertian Shadaqah

Adapun istilah shadaqah, maknanya berkisar pada 3 (tiga) pengertian berikut ini :

Pertama, shadaqah adalah pemberian harta kepada orang-orang fakir, orang yang membutuhkan, ataupun pihak-pihak lain yang berhak menerima shadaqah, tanpa disertai imbalan (Mahmud Yunus, 1936 : 33, Wahbah Az Zuhaili, 1996 : 919).

Shadaqah ini hukumnya adalah sunnah, bukan wajib. Karena itu, untuk membedakannya dengan zakat yang hukumnya wajib, para fuqaha menggunakan istilah shadaqah tathawwu’ atau ash shadaqah an nafilah (Az Zuhaili 1996 : 916).

Sedang untuk zakat, dipakai istilah ash shadaqah al mafrudhah (Az Zuhaili 1996 : 751). Namun seperti uraian Az Zuhaili (1996 : 916), hukum sunnah ini bisa menjadi haram, bila diketahui bahwa penerima shadaqah akan memanfaatkannya pada yang haram, sesuai kaidah syara’:

“Al wasilatu ilal haram haram”

“Segala perantaraan kepada yang haram, hukumnya haram pula”.

Bisa pula hukumnya menjadi wajib, misalnya untuk menolong orang yang berada dalam keadaan terpaksa (mudhthar) yang amat membutuhkan pertolongan, misalnya berupa makanan atau pakaian. Menolong mereka adalah untuk menghilangkan dharar (izaalah adh dharar) yang wajib hukumnya. Jika kewajiban ini tak dapat terlaksana kecuali denganshadaqah, maka shadaqah menjadi wajib hukumnya, sesuai kaidah syara’ :

“Maa laa yatimmul wajibu illa bihi fahuwa wajib”

“Segala sesuatu yang tanpanya suatu kewajiban tak terlaksana sempurna, maka sesuatu itu menjadi wajib pula hukumnya”

Dalam ‘urf para fuqaha, sebagaimana dapat dikaji dalam kitab-kitab fiqh berbagai madzhab, jika disebut istilah shadaqah secara mutlak, maka yang dimaksudkan adalah shadaqah dalam arti yang pertama ini –yang hukumnya sunnah– bukan zakat.

Kedua, shadaqah adalah identik dengan zakat (Zallum, 1983 : 148). Ini merupakan makna kedua dari shadaqah, sebab dalam nash-nash syara’ terdapat lafazh “shadaqah” yang berarti zakat. Misalnya firman Allah SWT :

“Sesungguhnya zakat-zakat itu adalah bagi orang-orang fakir, orang-orang miskin, amil-amil zakat …” (QS At Taubah : 60)

Dalam ayat tersebut, “zakat-zakat” diungkapkan dengan lafazh “ash shadaqaat”. Begitu pula sabda Nabi SAW kepada Mu’adz bin Jabal RA ketika dia diutus Nabi ke Yaman :

“…beritahukanlah kepada mereka (Ahli Kitab yang telah masuk Islam), bahwa Allah telah mewajibkan zakat atas mereka, yang diambil dari orang kaya di antara mereka, dan diberikan kepada orang fakir di antara mereka…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pada hadits di atas, kata “zakat” diungkapkan dengan kata “shadaqah”

Berdasarkan nash-nash ini dan yang semisalnya, shadaqah merupakan kata lain dari zakat. Namun demikian, penggunaan kata shadaqah dalam arti zakat ini tidaklah bersifat mutlak. Artinya, untuk mengartikan shadaqah sebagai zakat, dibutuhkan qarinah (indikasi) yang menunjukkan bahwa kata shadaqah –dalam konteks ayat atau hadits tertentu– artinya adalah zakat yang berhukum wajib, bukan shadaqah tathawwu’ yang berhukum sunnah.

Pada ayat ke-60 surat At Taubah di atas, lafazh “ash shadaqaat” diartikan sebagai zakat (yang hukumnya wajib), karena pada ujung ayat terdapat ungkapan “faridhatan minallah” (sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah).

Ungkapan ini merupakan qarinah, yang menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan lafazh “ash shadaqaat” dalam ayat tadi, adalah zakat yang wajib, bukan shadaqah yang lain-lain.

Begitu pula pada hadits Mu’adz, kata “shadaqah” diartikan sebagai zakat, karena pada awal hadits terdapat lafazh “iftaradha” (mewajibkan/memfardhukan). Ini merupakan qarinah bahwa yang dimaksud dengan “shadaqah” pada hadits itu, adalah zakat, bukan yang lain.

Dengan demikian, kata “shadaqah” tidak dapat diartikan sebagai “zakat”, kecuali bila terdapat qarinah yang menunjukkannya.

Ketiga, shadaqah adalah sesuatu yang ma’ruf (benar dalam pandangan syara’)

Pengertian ini didasarkan pada hadits shahih riwayat Imam Muslim bahwa Nabi SAW bersabda : “Kullu ma’rufin shadaqah” (Setiap kebajikan, adalah shadaqah).

Berdasarkan ini, maka mencegah diri dari perbuatan maksiat adalah shadaqah, memberi nafkah kepada keluarga adalah shadaqah, beramar ma’ruf nahi munkar adalah shadaqah, menumpahkan syahwat kepada isteri adalah shadaqah, dan tersenyum kepada sesama muslim pun adalah juga shadaqah.

Agaknya arti shadaqah yang sangat luas inilah yang dimaksudkan oleh Al Jurjani ketika beliau mendefiniskan shadaqah dalam kitabnya At Ta’rifaat. Menurut beliau, shadaqah adalah segala pemberian yang dengannya kita mengharap pahala dari Allah SWT (Al Jurjani, tt : 132). Pemberian (al ‘athiyah) di sini dapat diartikan secara luas, baik pemberian yang berupa harta maupun pemberian yang berupa suatu sikap atau perbuatan baik.

Jika demikian halnya, berarti membayar zakat dan bershadaqah (harta) pun bisa dimasukkan dalam pengertian di atas.

Tentu saja, makna yang seperti ini bisa menimbulkan kerancuan dengan arti shadaqah yang pertama atau kedua, dikarenakan maknanya yang amat luas.

Karena itu, ketika Imam An Nawawi dalam kitabnya Sahih Muslim bi Syarhi An Nawawi mensyarah hadits di atas (“Kullu ma’rufin shadaqah”) beliau mengisyaratkan bahwa shadaqah di sini memiliki arti majazi (kiasan/metaforis), bukan arti yang hakiki (arti asal/sebenarnya).

Menurut beliau, segala perbuatan baik dihitung sebagai shadaqah, karena disamakan dengan shadaqah (berupa harta) dari segi pahalanya (min haitsu tsawab). Misalnya, mencegah diri dari perbuatan dosa disebut shadaqah, karena perbuatan ini berpahala sebagaimana halnya shadaqah. Amar ma’ruf nahi munkar disebut shadaqah, karena aktivitas ini berpahala seperti halnya shadaqah. Demikian seterusnya (An Nawawi, 1981 : 91)

Walhasil, sebagaimana halnya makna shadaqah yang kedua, makna shadaqah yang ketiga ini pun bersifat tidak mutlak. Maksudnya, jika dalam sebuah ayat atau hadits terdapat kata “shadaqah”, tak otomatis dia bermakna segala sesuatu yang ma’ruf, kecuali jika terdapat qarinah yang menunjukkannya. Sebab sudah menjadi hal yang lazim dan masyhur dalam ilmu ushul fiqih, bahwa suatu lafazh pada awalnya harus diartikan sesuai makna hakikinya. Tidaklah dialihkan maknanya menjadi makna majazi, kecuali jika terdapat qarinah. Sebagaimana diungkapkan oleh An Nabhani dan para ulama lain, terdapat sebuah kaidah ushul menyebutkan :

“Al Ashlu fil kalaam al haqiqah.”

“Pada asalnya suatu kata harus dirtikan secara hakiki (makna aslinya).” (Usman, 1996 : 181, An Nabhani, 1953 : 135, Az Zaibari : 151)

Namun demikian, bisa saja lafazh “shadaqah” dalam satu nash bisa memiliki lebih dari satu makna, tergantung dari qarinah yang menunjukkannya. Maka bisa saja, “shadaqah” dalam satu nash berarti zakat sekaligus berarti shadaqah sunnah. Misalnya firman Allah :

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka…” (At Taubah : 103)

Kata “shadaqah” pada ayat di atas dapat diartikan “zakat”, karena kalimat sesudahnya “kamu membersihkan dan mensucikan mereka” menunjukkan makna bahasa dari zakat yaitu “that-hiir” (mensucikan).

Dapat pula diartikan sebagai “shadaqah” (yang sunnah), karena sababun nuzulnya berkaitan dengan harta shadaqah, bukan zakat.

Menurut Ibnu Katsir (1989 : 400-401) ayat ini turun sehubungan dengan beberapa orang yang tertinggal dari Perang Tabuk, lalu bertobat seraya berusaha menginfakkan hartanya. Jadi penginfakan harta mereka, lebih bermakna sebagai “penebus” dosa daripada zakat.

Karena itu, Ibnu Katsir berpendapat bahwa kata “shadaqah” dalam ayat di atas bermakna umum, bisa shadaqah wajib (zakat) atau shadaqah sunnah (Ibnu Katsir, 1989 : 400).

As Sayyid As Sabiq dalam kitabnya Fiqhus Sunnah Juz I (1992 : 277) juga menyatakan, “shadaqah” dalam ayat di atas dapat bermakna zakat yang wajib, maupun shadaqah tathawwu’.

[ Muhammad Shiddiq Al Jawi ]
Dari Fb : Muhammad Rosyid Aziz

Anies Baswedan Panen Padi di Cilacap, Kecamatan Majenang, Cilacap

Anies Baswedan Panen Padi di Cilacap, Kecamatan Majenang, Cilacap

Anies Baswedan panen padi di Cilacap bersama Bupati Cilacap Bapak Tato Pamuji pada hari Jum’at 16 April 2021 dalam mencanangkan ketahanan pangan dengan pemerintah Kabupaten Cilacap.

Kerjasama mulai tahun 2018 lalu dan Pemda DKI Jakarta merasa bersyukur bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam menyiapkan ketahanan pangan untuk warga di ibu kota.

Anies Baswedan Panen Padi di Majenang Bersama Bupati Cilacap

Anies Baswedan dan Bupati Cilacap
Anies Baswedan dan Bupati Cilacap

Alhamdulillah, pagi tadi (Jum’at 16 April 2021) Panen Bersama di lahan sawah seluas 50 hektare di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Panen padi hasil kolaborasi antara Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Sumber Makmur, Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap dengan BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya.

Hampir 99% kebutuhan pangan DKI Jakarta dipasok dari luar dan kita memiliki ketergantungan yang amat tinggi dengan daerah lain dan Jakarta merasa bersyukur bisa bekerja sama dengan Cilacap menyiapkan ketahanan pangan untuk warga di ibu kota.

Ikhtiar bersama ini juga untuk memastikan pasokan pangan di Ibu Kota terjaga selama bulan Ramadan dan menyambut Idulfitri 1442 Hijriah.

Kerjasama Dari Tahun 2018

Kerjasama DKI Jakarta dan Kabupaten Cilacap
Gubernur Anies Baswedan dan Bupati Cilacap Tato Pamuji

Kegiatan panen bersama antara Food Station dengan Gapoktan Sumber Makmur Cilacap ini adalah kegiatan lanjutan kolaborasi antar daerah yang dimulai sejak 2018. Melalui kolaborasi tersebut, Pemkab Cilacap dan Gapoktan Sumber Makmur berperan menyiapkan pengadaan lahan dan petani, sementara Pemprov DKI Jakarta melalui Food Station melakukan beragam pendampingan kepada petani dan off taker produk pertanian.

Pendampingan yang dilakukan Food Station terhadap Gapoktan Sumber Makmur antara lain terkait pendampingan dalam pemilihan varietas; pendampingan dalam pascapanen; Food Station sebagai off taker memberikan jaminan harga; memotong mata rantai pembelian gabah milik petani, sehingga petani bisa tetap sejahtera; serta kolaborasi ini dapat digunakan oleh petani untuk mendapatkan pembiayaan.

Prinsip saling menguntungkan inilah yang membuat pergerakan perekonomian di ibu kota juga ikut dirasakan sampai ke daerah-daerah. Kita ingin memastikan hadirnya kolaborasi yang berkeadilan bagi semua, yakni membuat masyarakat Jakarta mendapat beras berkualitas dengan harga terjangkau, dan yang paling penting petani di Cilacap merasakan peningkatan kesejahteraan.

Atas nama warga Jakarta kami berterima kasih dan mengapresiasi kerja bersama BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya, Gapoktan Sumber Makmur, Kepala Perwakilan BI Purwokerto, Pak Bupati Tatto S. Pamuji serta jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap.

InsyaAllah kolaborasi ini bisa kita perluas di aspek-aspek lain. Karena kita semua menyadari bahwa kebersamaan, gotong royong itu adalah sifat dasar bangsa kita.

Sumber Fb : Anies Baswedan

Bupati Cilacap Tato Pamuji
Gubernur DKI Jakarta dan Bupati Cilacap
Panen Raya Padi di Cilacap
Panen Raya Padi di Cilacap

Kelompok Tani Gapoktan Cilacap

Panen Raya di Cilacap
Panen Raya di Majenang Cilacap

Baca juga : Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap