Manfaat Kayu Gaharu – Kayu Termahal di Dunia

Manfaat Kayu Gaharu – Kayu Termahal di Dunia

Manfaat Kayu Gaharu – Ada Apa dengan kayu Gaharu? Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, memiliki kandungan damar wangi.

Manfaat Kayu Gaharu – Kayu Termahal di Dunia

Kayu Gaharu, Tumbuhan Mahal Asli Indonesia, Konon katanya Punya 5 kilogram pohon ini saja bisa buat beli mobil keluaran terbaru, dibayar kontan.

  • Sampai saat ini menurut data, 1 kilo gaharu dapat dijual mulai dari 10 sampai 35 juta tergantung kualitas yang ditawarkan.
  • Gaharu dahulu hingga kini telah menjadi Primadona, banyak dicari orang.
  • Pohon Gaharu mampu tumbuh sampai puluhan meter dan berdiameter rata-rata 40 hingga 60 cm.
  • Gaharu merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi, sehingga sangat tepat untuk di Budidayakan.
  • Gaharu Sudah mulai Langka, Pohon yang bisa didapatkan di hutan alam pun semakin sedikit yang diakibatkan penebangan hutan secara liar dan tidak terkendali serta tidak adanya upaya pelestarian setelah pohon tersebut ditebang.
  • Pohon Gaharu merupakan pohon termahal di dunia. Bahkan, harga pohon gaharu dapat melebihi harga pohon Jati ataupun pohon Ulin (Kayu Besi) sekalipun, apalagi bila dibandingkan dengan pohon Sengon.

Bagaimana, Anda tertarik untuk menanam Kayu Garu ?

Gaharu Kayu Termahal di Dunia

Manfaat Kayu Gaharu juga banyak, mulai dari daun hingga batang nya, bisa untuk teh kesehatan hingga menyembuhkan berbagai macam penyakit.

– Selain itu, daun gaharu bisa dijadikan sebagai minyak wangi dan batangnya juga bisa
digunakan sebagai pengharum ruangan atau untuk terapi kesehatan dan berbagai manfaat lainnya.

– Kayu Gaharu yang diolah menjadi minyak dapat dijadikan selain sebagai penghangat juga dimanfaatkan untuk minyak urut yang mampu mengatasi berbagai gangguan tulang dan sendi.

– Kayu gaharu juga berfungsi sebagai detoksifikasi serta antitoksin karena bagian dari pohon gaharu mampu menyerap racun seperti merkuri kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh.

– Khasiat kayu gaharu kalimantan yang terakhir juga dapat dimanfaatkan dalam dunia kecantikan mulai dari perawatan kulit, bahan pembuatan shampo hingga bahan dasar pembuatan sabun kecantikan.

– Di Masjid Nabawi atau Masjidil Haram, Gaharu kerap hadir di beberapa acara seperti acara wisuda Tahfidh, acara penyucian/ pembersihan Ka’bah, dan lain sebagainya. Hal itu untuk mengharumkan udara dan menyenangkan jiwa pada peziarah. Karena menurut salah satu hadits Nabi, para malaikat itu suka bau-bau yang wangi dan membenci bau-bau busuk.

– Pohon ini baru bisa dipanen dengan usia minimal 5 tahun.

– Kayu gaharu banyak di ekspor keberbagai negara di luar negeri seperti Singapura, Cina, Korea, Jepang, Saudi Arabia, Yaman, dan Oman.

Lalu apa yang terjadi di negara kita? Indonesia hanya mampu sebagai negara pengekspor bahan mentah. Setelah jadi produk tertentu dan diberi label merk ternama. Baru kita membeli lagi dengan harga yang berbeda dan yang paling ironis lagi, ada tulisan terpampang dengan jelas “ Made In USA “

Manfaa Kayu Gaharu

Kayu Gaharu, Kayu Termahal di Dunia

Manfaat kayu Gaharu bukan dijadikan sebagai kayu untuk bahan bangunan, meubeul, atau semacamnya. Seperti telah disebutkan di atas, kayu Gaharu dimanfaatkan untuk menikmati aroma khas dari bagian gubalnya.

Secara lebih rinci berikut pemanfaatan kayu Gaharu:

  • Dijadikan parfum atau aksesoris
  • Obat untuk terapi penyakit tertentu
  • Aromanya dijadikan antidepresan (anti depresi)
  • Bahan penambah sampo, kosmetik, dan parfum
  • Digunakan untuk ritual adat tertentu (membakar dupa)
  • Bahan baku tasbih
  • Mengatasi masalah sembelit, kembung, ginjal, diare, dan masuk angin
  • Meringankan penyakit hipertensi dan sesak nafas

Kayu Gaharu untuk menjadi produk yang siap pakai biasanya diolah dengan teknik distilasi uap sehingga minyak dan senyawa aromatik dalam kayu ini terpisah dari bagian kayunya.

Selain dengan metode tersebut, biasanya juga kayu Gaharu langsung dibakar. Metode ini biasanya digunakan pada saat acara-acara ritual kebudayaan.

Tonton vidio penjelasan nya berikut ini :

Saatnya Berdaya di Negeri Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

%d blogger menyukai ini: